Monday 3 January 2011

DITEMUKAN KAPAL VOC & 180 RIBU KEPING EMAS

http://phantomfoxsmasabaya.blogdetik.com/files/2010/02/kapal-voc.jpg

Sebuah kapal Verenigde Oost-Indische Compagnie (VOC), ditemukan di dasar laut beserta isinya, antara lain 180 ribu koin emas. Koin-koin emas yang ditemukan, dalam kondisi bagus dan bernilai sekitar US$ 1 miliar.


Bangkai kapal VOC yang diperkirakan tenggelam 3 abad lalu ini, ditemukan oleh para penyelam Hungaria di perairan dekat salah satu pantai di Brazil, demikian dikutip detikcom dari media Belanda berdasarkan rilis media Hungaria, Sabtu (28/11/2009).

http://i771.photobucket.com/albums/xx357/h4wk3r/emas.jpg

"Kapal bernama Voetboog bertiang tiga ini, tenggelam pada 29/5/1700, dengan awak 109 orang,serta membawa muatan yang sangat mahal," ujar kepala ekspedisi Attila Szalóky.

Muatan kapal VOC itu berisikan, antara lain : sutera, rempah-rempah, teh, porselein, dan180.000 keping koin emas Belanda. "Benda-benda itu menurut para penyelam dalam kondisi bagus," jelas Szalóky.

http://vgsiahaya.files.wordpress.com/2009/02/harta-karun.jpg?w=363&h=369

Menurut Szalóky, kapal tersebut dalam perjalanan dari Batavia (kini Jakarta), menuju Negeri Belanda. Dengan memilih rute pelayaran via perairan Brazil, awak kapal berharap dapat mencapai Negeri Belanda dengan aman.

Namun, bagaimana akhirnya kapal tersebut tenggelam masih belum jelas benar. Diduga, sesampainya di Samudera Atlantik, kapal tersebut terjebak dalam badai dan akhirnya karam. 




Sumber : apakabardunia.com, berbagai sumber lainnya

No comments:

Post a Comment